Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menembus Batas: Cara Berkomunikasi Efektif Ala Nelson Mandela


Kamu pasti sudah tahu siapa itu Nelson Mandela, kan? Dia adalah tokoh yang berjuang melawan apartheid di Afrika Selatan dan menjadi presiden kulit hitam pertama di negara itu. Dia juga dikenal sebagai pemenang Nobel Perdamaian dan ikon dunia untuk hak asasi manusia. Tapi tahukah kamu apa yang membuat dia begitu berpengaruh dan dihormati oleh banyak orang? Salah satu jawabannya adalah kemampuan komunikasinya yang luar biasa.


Nelson Mandela adalah seorang komunikator ulung yang mampu menginspirasi, membujuk, dan menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang, ras, dan agama. Dia menggunakan berbagai teknik retorika, yaitu cara-cara berbicara atau menulis yang efektif untuk mempengaruhi pendengar atau pembaca. Teknik-teknik ini bisa kamu pelajari dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk sekolah, pekerjaan, maupun hubungan sosial. Berikut ini adalah beberapa teknik retorika yang sering digunakan oleh Nelson Mandela dan contoh-contohnya:


1. Anaphora: Pengulangan kata atau frasa di awal kalimat atau paragraf yang berturut-turut. Tujuannya adalah untuk menekankan pesan dan menciptakan irama yang menarik. Contoh:


    "We can't afford to be killing one another. We can't afford to be destroying property. We can't afford to be fighting among ourselves."


    "Never, never and never again shall it be that this beautiful land will again experience the oppression of one by another."


2. Antithesis: Penyandingan dua ide atau konsep yang berlawanan untuk menunjukkan kontras dan menciptakan efek dramatis. Contoh:


    "I have fought against white domination, and I have fought against black domination."


    "The time for the healing of the wounds has come. The moment to bridge the chasms that divide us has come."


3. Tricolon: Penggunaan tiga kata, frasa, atau klausa yang sejajar dan seimbang dalam satu kalimat. Tujuannya adalah untuk membuat kalimat lebih mudah diingat dan lebih berkesan. Contoh:


    "Free at last! Free at last! Thank God Almighty, we are free at last!"


    "Let there be justice for all. Let there be peace for all. Let there be work, bread, water and salt for all."


4. Metaphor: Perbandingan dua hal yang berbeda tanpa menggunakan kata 'seperti' atau 'ibarat'. Tujuannya adalah untuk memberikan makna baru atau menyampaikan pesan secara tidak langsung. Contoh:


    "The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear."


    "Resentment is like drinking poison and then hoping it will kill your enemies."


5. Amplification: Penambahan informasi atau detail pada kata, frasa, atau kalimat untuk memperkuat atau memperjelas pesan. Contoh:


    "It is an ideal which I hope to live for and to achieve. But if needs be, it is an ideal for which I am prepared to die."


    "We enter into a covenant that we shall build the society in which all South Africans, both black and white, will be able to walk tall, without any fear in their hearts, assured of their inalienable right to human dignity - a rainbow nation at peace with itself and the world."


Nah, itu dia beberapa teknik retorika yang bisa kamu pelajari dari Nelson Mandela. Dengan menggunakan teknik-teknik ini, kamu bisa membuat komunikasimu lebih efektif, menarik, dan meyakinkan. Kamu juga bisa menembus batas-batas yang menghalangi kamu untuk mencapai tujuan dan impianmu. Seperti kata Mandela, "It always seems impossible until it's done."


Sumber:


: [1](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1990)


: [2](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1994)


: [3](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1964)


: [2](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1994)


: [4](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1994)


: [2](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1994)


: [5](https://www.goodreads.com/quotes/4099-i-learned-that-courage-was-not-the-absence-of-fear)


: [6](https://www.goodreads.com/quotes/139677-resentment-is-like-drinking-poison-and-then-hoping-it-will)


: [3](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1964)


: [2](https://www.nelsonmandela.org/news/entry/nelson-mandela-speeches-1994)


: [7](https://www.goodreads.com/quotes/554-it-always-seems-impossible-until-it-s-done)

Post a Comment for " Menembus Batas: Cara Berkomunikasi Efektif Ala Nelson Mandela"